Sinergi LDII dan Kemenag Karawang dalam Pengamatan Hilal Perdana di Pantai Sedari

LINESTV.ID, Karawang – DPW LDII Jawa Barat dan DPD LDII Kabupaten Karawang hadir dalam undangan Rukyatul Hilal penentuan 1 Dzulhijah yang diadakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Karawang, di Pantai Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang pada Jumat petang (07/06/2024).

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karawang, Sopian, menyampaikan rasa bangganya terhadap kerja sama yang terjalin dengan LDII dalam pengamatan hilal yang untuk pertama kalinya dilakukan secara mandiri di Kabupaten Karawang. Biasanya, kegiatan ini dilakukan di Subang, tetapi untuk penentuan Idul Adha kali ini, pengamatan dilakukan di Karawang.

“Kementerian Agama Kabupaten Karawang merasa bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak yang terlibat, khususnya LDII, untuk melakukan pengamatan hilal yang pertama kali diadakan di Kabupaten Karawang. Biasanya, kami ikut ke Subang, tetapi untuk penentuan Idul Adha kali ini dilakukan mandiri di Karawang,” kata Sopian.

Sopian juga menyatakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada LDII yang bukan hanya terlibat tetapi juga berperan utama dalam kegiatan ini, mulai dari penyediaan sarana dan prasarana hingga konsumsi. “LDII hadir dengan kompak. Ini merupakan bentuk sinergitas antara ormas agama, tokoh agama yang ada di Kabupaten Karawang dengan Kementerian Agama. Mari kita perkuat silaturahim kita, sinergitas kita,” tambahnya.

Wakil Sekretaris Umum LDII Jawa Barat, Fadel Abrori, turut mengomentari hasil pengamatan hilal di Pantai Sedari. “Alhamdulillah DPW LDII Jawa Barat dan LDII Kabupaten Karawang telah melakukan pemantauan hilal. Dari hasil pantauan tim hilal LDII Jawa Barat di Pantai Sedari, tidak berhasil terlihat hilal. Namun, kami menyadari bahwa hasil ini tidak menjadi patokan dalam sidang isbat, tetapi melihat juga pemantauan hilal dari lokasi lainnya,” ujar Fadel.

Sebelumnya, LDII telah berpartisipasi dalam penentuan 1 Ramadhan di Subang dan 1 Syawal di Pangandaran. “Insyaallah dalam pengamatan selanjutnya kami dari DPW LDII Jawa Barat akan berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag,” lanjut Fadel.

Dalam dua tahun terakhir, LDII telah melakukan pengamatan hilal di 27 titik pengamatan hilal se-Indonesia. Ini adalah bentuk ikhtiar dari LDII untuk memastikan apakah hilal terlihat atau tidak, sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan hadits tentang rukyatul hilal. LDII Jawa Barat juga mendorong LDII di kota dan kabupaten yang memiliki titik pengamatan hilal agar bisa memiliki peralatan yang lebih modern untuk proses pemantauan hilal agar hasilnya lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat