DPD LDII Bandung Gelar Pemeriksaan Kesehatan untuk Lansia dalam Rangka Hari Lanjut Usia Nasional

LINESTV.ID, Bandung – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Mei, DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Bandung menggelar kegiatan Hari Bakti Lansia pada Selasa, 28 Mei 2024. Acara ini berlangsung di Aula Baitul Manshurin, Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Wakil Ketua DPD LDII Kabupaten Bandung, KH Jamhur, menyatakan bahwa penyelenggaraan acara ini merupakan bentuk partisipasi LDII kepada pemerintah. “Kami DPD LDII Kabupaten Bandung menyelenggarakan ini sebagai upaya menghormati para orang tua agar mereka senantiasa sehat walafiat. Oleh karena itu, diadakan pemeriksaan kesehatan dengan memanfaatkan dokter-dokter yang ada di lingkup LDII Kabupaten Bandung,” ujar KH Jamhur.

Lebih lanjut, KH Jamhur berharap melalui kegiatan ini, para lansia dapat mengetahui kondisi kesehatan mereka, khususnya terkait kadar gula darah. “Dengan mengetahui angka tinggi rendahnya gula darah, para lansia bisa mendisiplinkan pola makan dan pola hidupnya, sehingga menghasilkan lansia yang sehat, ibadahnya lancar, dan Indonesia kuat,” tambahnya.

Koordinator Kegiatan, Darma, mengungkapkan bahwa kegiatan ini telah memasuki tahun kedua penyelenggaraan. “Kami menyelenggarakan acara ini dalam rangka Hari Lansia Nasional. Alhamdulillah, kegiatan ini sudah berjalan untuk yang kedua kalinya. Kami menyelenggarakan tes kesehatan, cek tensi, dan gula darah,” jelas Darma.

Darma juga melaporkan bahwa acara ini diikuti oleh 212 peserta yang berasal dari seluruh PAC dan PC se-Kabupaten Bandung, terdiri dari 96 laki-laki dan 116 perempuan. Kegiatan ini dilakukan dengan kerjasama DPD LDII Kabupaten Bandung dan didanai secara operasional murni dari peserta dengan motto “dari kita untuk kita”.

“Harapannya, ke depan para lansia ini diberikan kesehatan. Dengan cara begini, kami secara intensif bisa memeriksa kesehatan dan konsultasi dengan dokter yang ada,” kata Darma.

Kegiatan Hari Bakti Lansia ini menunjukkan komitmen DPD LDII Kabupaten Bandung dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan para lansia, serta menjadi contoh nyata partisipasi aktif dalam mendukung program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat