LDII Jabar Ikut andil dalam Pengamatan Hilal di Kabupaten Subang

DPW LDII Jawa Barat bersama DPD LDII Kabupaten Subang menghadiri undangan Kemenag dan Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Subang, untuk melakukan proses pemantauan hilal, di Pantai Pondok Bali, Desa Mayangan, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada hari Minggu, (10/03/2024).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Subang, H. Badruzaman, mengatakan bahwa kegiatan pengamatan ini rutin diadakan setiap tahunnya dengan mengundang seluruh ormas islam yang ada di Kabupaten Subang. Sehingga organisasi masyarakat bisa ikut membantu dalam proses pemantauan hilal.

“Ini adalah kegiatan rutin hampir setiap tahun kami laksanakan, dan salah satu kebijakan Kementerian Agama Kabupaten Subang untuk mengundang seluruh ormas islam, seluruh stakeholder terkait, terutama tokoh dan pemuka agama islam. Yang kesemuanya itu mempunyai kepentingan yg sama untuk melaksanakan kegiatan rukyautl hilal. Pemantauan rukyatul hilal ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan di setiap awal ramadan, yang nanti hasilnya akan kami laporkan ke Kementrian Agama RI,” ucapnya.

Sejaln dengan hal tesebut, Pejabat Kesra Setda Kab.Subang M. Amin Nurdin mengucapkan terima kasih dan apresiasinya untuk LDII dan ormas lain, karena dengan hadirnya dapat mencerminkan kebersamaan, Sehingga kebersamaan itu bisa terjaga dengan baik.

“Saya perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Subang, dari bagian Kesra Setda Kabupaten Subang, mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yg hadir dalam pelaksanaan rukyatul hilal ini. Semua ormas disaksikan hadir semua, baik dari NU Muhamadiyah, LDII, sehingga terciptanya kebersamaan, dan kebersamaan antar ormas ini bisa terjaga dengan baik di Kabupaten Subang,” ucap Amin.

Biro PKD LDII Jawa barat, M Yunus Syaifullah menyambut baik apresiasi tersebut, Ia mengucapkan rasa syukur karena bisa hadir dan bergabung bersama ormas-ormas lainnya dalam proses pemantauan hilal, sehingga tercipta sinergi dan terbangun kerukunan dan kekompakkan antar ormas.

“Kami dari DPW LDII JABAR bersyukur bisa menghadiri pengamatan rukyat hilal di Pantai Pondok Bali, Kab.Subang, sehingga bisa bergabung dengan ormas islam yg lain. Alhamdulillah juga antar ormas bisa berkomunikasi banyak, dan bisa bersinergi di sini, sehingga bisa terbangun kekompakkan kerukunan. Harapannya, kami juga bisa saling toleransi mengenai hasil dari proses pengamatan ini, yang nantinya akan kita serahkan ke kemenag RI,” tutupnya.

Hasil tim DPW LDII JABAR dalam pengamatan Rukyatul Hilal di Pantai Pondok Bali, Subang Jawa Barat, Terpantau hilal tidak terlihat dikarenakan cuaca mendung, ketinggian 0,3 derajat, azzimuth 264 derajat, umur bulan 2 jam dari ijtima’, sehingga di simpulkan bulan sa’ban disempurnakan 30 hari, dan insya Allah 1 Romadhon jatuh pada hari selasa tanggl 12 Maret 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat