Jawa Barat Berduka: Meninggalnya Letnan Jenderal TNI (Purn.) Solihin GP, Pemimpin Lingkungan dan Pejuang Siliwangi

LINESTV.ID, Bandung – Hari ini, Selasa (05/03/2024) Jawa Barat kehilangan salah satu tokoh besar, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Solihin Gautama Purwanegara, yang akrab disapa Mang Ihin. Kabar duka ini tidak hanya menyelimuti Kota Bandung, melainkan juga seluruh Jawa Barat, termasuk LDII Jawa Barat.

Plh Ketua LDII Jawa Barat, H Achjar Nazaruddin, dengan tulus mengucapkan belasungkawa mendalam atas meninggalnya almarhum Solihin GP. “Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Letnan Jenderal TNI Purn. H. Solihin GP (Mang Ihin), sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan, dan pendiri Dewan Pemerhati Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS),” ucapnya dengan penuh kesedihan.

Solihin GP, seorang tokoh yang dikenal luas di Jawa Barat, telah berjuang dengan gigih untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keutuhan tatar Sunda. Dedikasinya dalam membangun serta melindungi alam serta budaya Sunda akan terus dikenang oleh banyak generasi.

“Tentu kepergian beliau meninggalkan duka yang mendalam bagi kami di LDII Jawa Barat. Namun, kami yakin bahwa warisan pemikiran dan semangat juang beliau akan terus menginspirasi kita semua untuk terus berbuat baik bagi lingkungan dan masyarakat,” lanjut H Achjar Nazaruddin.

Rencana pemakaman almarhum Solihin GP telah diinformasikan oleh pihak keluarga besar. Jenazah akan dibawa ke rumah duka di Jalan Cisitu Indah VI nomor 1 Dago Bandung pada pukul 07.00-08.00 pagi ini. Kemudian akan disemayamkan di Mako II Kodam III Siliwangi Jalan Sumbawa nomor 22 Bandung sebelum akhirnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung pada pukul 13.30 WIB.

Solihin GP, yang lahir di Tasikmalaya pada 21 Juli 1926, merupakan sosok pejuang sejak masa sekolahnya. Kisahnya dalam menghadapi Agresi Militer Belanda yang pertama pada tahun 1947 mencerminkan keberaniannya dan kesetiannya pada tanah air.

“Kami berdoa semoga almarhum Solihin GP mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini,” tutup Ketua LDII Jawa Barat, H Achjar Nazaruddin. Semoga perjalanan terakhir almarhum diliputi dengan kedamaian dan penghormatan yang setinggi-tingginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat