Imbauan KPID Jabar :Tidak Semua yang dipublikasikan di media, Benar Adanya

Senin 21 November 2022 lalu, Komisioner KPID Provinsi Jawa Barat Syaefurrahman Albanjary hadir di Studio Elshinta sebagai narasumber pada program KPID Talk.

Berkenaan dengan bencana alam yakni gempa bumi yang melanda Cianjur, Saefurrahman menghimbau pada seluruh lembaga penyiaran baik TV maupun Radio, untuk senantia memperhatikan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) dalam membuat serta menyebarluaskan informasi terkait bencana alam tersebut.

“TV maupun radio jangan sampai sembarangan dalam menyebarluaskan berita, KPID Jawa Barat mengimbau pada seluruh lembaga penyiaran untuk selalu memperhatikan P3SPS “, ucap Syaefurrahman.

Ia juga meminta para media untuk mengembangkan jurnalisme empati guna menghindari pemberitaan yang justru dapat memicu adanya rasa trauma bagi para korban.

“Kita harus mengedepankan hati nurani, jangan sampai pemberitaan yang ada malah membuat korban menjadi trauma dan bertambah rasa sakitnya”, lanjutnya.

Terakhir, Ia berpesan pada masyarakat agar jangan menelan mentah-mentah informasi, termasuk gambar maupun video yang beredar. Sebab tidak semua yang dipublikasikan di media itu benar adanya.

“Masyarakat perlu waspada dalam menerima berita. Bahkan jika bisa, saat menemukan gambar atau video, cek terlebih dahulu kapan dan dimana gambar maupun video tersebut diambil”, pesan Syaefurrahman.

-Riska

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat