Sako Pramuka LDII Membangun Generasi Sesuai Dasa Darma dan Tri Satya

Kak Edwin Sumiroza Ketua Majelis Pembimbing (Mabi) Sako SPN yang membuka langsung kegiatan Kembesnas 2022

LINESTV.ID, Sumedang – Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) menggelar Kemah Besar Nasional (Kembesnas) yang bertemakan “Membangun Generasi Penerus yang Mandiri Terampil dan Religius.” Kegiatan yang digelar di bumi perkemahan Kiara Payung, Sumedang Jawa Barat, pada Rabu (14/09/2022).

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Pembimbing (Mabi) Sako SPN, Kak Edwin Sumiroza menggungapkan, kegiatan ini digelar sebagai pembinaan keparamukaan untuk mengavaluasi dan mengimplementasikan kegiatan kepramukaaan Sako SPN, serta menjadikan pola pembinaan Pramuka dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan sesuai dengan Dasa Dharma dan Tri Satya.

“Dalam menggerakan Pramuka, peserta didik dari majelis taklim pondok pondok pesantren bertujuan untuk mengantarkan generus bangsa Indonesia mencapai pribadi Dasa Dharma Pramuka dan memenuhi janji Tri Satya,” ujarnya.

Implementasinya, Sako SPN berupaya menanamkan karakter 6 thobiat luhur kepada generasi muda, yakni rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah, dan hemat.

“Dengan latihan pada sistem kecakapan umum di lima area spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik, kami berupaya mengantarkan generasi penerus meraih thobiat luhur yang merupakan representasi dari Dharma Pramuka,” tambahnya.

Kak Edwin menambahkan, pembinaan karakter generus LDII selama ini telah dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan sesuai tingkatan usia. Sehingga hasil akhirnya akan membentuk pribadi-pribadi profesional religius.

“Target pembinaan karakter generus LDII hasil akhirnya berupa pribadi-pribadi profesional religius. Sehingga kehadiran mereka akan berguna untuk masyarakat dan bangsa,” paparnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mendukung, serta membangun rasa nasionalisme melalui kegiatan kepramukaan yang berada di seluruh daerah.
“Semua itu makin memantapkan kami dalam menjalankan darma Pramuka dari level nasional hingga level gudep gudep,” ujarnnya.

Ia mengungkapkan, Sako SPN yang berada dibawah naungan Depertemen Pemuda, Kepanduan, Olahraga dan Seni Budaya (PKOSB) DPP LDII, akan terus berkontribusi sesuai dengan program kerja LDII, yaikni 8 bidang pengabdian untuk bangsa sebagai program prioritas.
“Dalam program kerja kami melaui dalam 8 bidang LDII untuk bangsa selain bidang keagamaan, bidang kebangsaan, bidang pendidikan karakter ldii mengamanatkan kepada SAKO SPN”

Ia pun menambahkan, dengan mengadakan kegiatan Kembesnas ini harapannya, para penerus bangsa dapat memiliki karakter dan sifat yang mandiri dan memiliki relasi, serta kerukunan.
“Semoga kembesnas ini menjadi alat yang mempererat persaudaraan dan kerukunan anak bangsa,” tutupnya. (Lisna/Lines TV)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat