Kembesnas Sako SPN 2022, Upaya LDII Bentuk Karakter Profesional Religius

Kembesnas Sako SPN 2022, Upaya LDII Bentuk Karakter Profesional Religius

Sumedang (14/9). Perhelatan “Kemah Besar Nasional (Kembesnas)” yang digelar Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) resmi dibuka oleh Wakil Komisi Saka, Sako dan Gugus Darma Kwartir Nasional Pramuka, Yuniar Ludfi di Bumi Perkemahan Letjen (Purn) Mashudi, Kiara Payung, Kabupaten Sumedang, pada Rabu (14/9).

Dalam sambutannya, Yuniar Ludfi mengapresiasi Sako SPN sebagai wadah pembinaan Pramuka berbasis masjid, majelis taklim, dan pondok pesantren. Hal tersebut, sebagai wahana DPP LDII untuk menumbuhkan karakter profesional religius lewat kegiatan kepramukaan, “Kegiatan Kemah Besar Nasional yang digelar oleh Sako SPN ini juga merupakan bagian dari pembinaan di dalam gerakan Pramuka,” ucapnya pada acara yang turut dihadiri Ketua Umum DPP LDII KH. Chriswanto Santoso tersebut.

Ia berpesan, Sako SPN senantiasa berkoordinasi dengan Kwartir Pramuka setempat untuk membina karakter anak bangsa lewat kegiatan kepramukaan, “Semua kegiatan Sako harus dikoordinasikan oleh Kwartir, Pimpinan Sako juga harus berkoordinasi dan berada di bawah arahan Kwartir, tujuannya agar pelaksanaan Sako benar-benar selaras dengan kegiatan Kwartir,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga berpesan, fokus pembinaan karakter yang dicanangkan Sako SPN harus selaras dan padu dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, “Saya meminta kepada semua peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti semua kegiatan,” jelasnya.

Ia mengajak kepada peserta untuk menjunjung tinggi tali persaudaraan selama mengikuti Kembesnas, “Mari berkemah dengan gembira, saling menjalin persaudaraan, selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ajaknya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Pembimbing (Mabi) Sako SPN, Edwin Sumiroza mengungkapkan, pembinaan karakter generasi penerus LDII yang diwujudkan melalui kegiatan kepramukaan, diselaraskan dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. “Semua itu makin memantapkan kami dalam menjalankan darma pramuka dari level nasional hingga level gudep,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Komisi Saka, Sako dan Gugus Darma Kwartir Daerah Pramuka Jawa Barat Imam Pramudya Subagja mengapresiasi Sako SPN yang telah menyelenggarakan Kemah Besar Nasional di wilayah Jawa Barat. “Kami dari Kwarda sudah kedatangan rombongan dari Sako SPN terkait pelaksanaan Kemah Besar Nasional yang digelar di Buper Kiara Payung,” ujarnya.

Menurutnya, Kembesnas ini merupakan momentum bangkitnya kegiatan kepramukaan pasca Pandemi Covid-19, “Perkemahan besar ini, bagi kami adalah sebuah momentum yang ditunggu-tunggu. Respon dari para Pramuka Penegak dan Penggalang ini luar biasa, bisa kembali menyelenggarakan perkemahan setelah pandemi Covid-19,” tutupnya.

Melalui kegiatan kepramukaan, LDII terus berkontribusi untuk mewujudkan generasi profesional religius dengan karakter alim faqih, berakhlakul karimah, dan mandiri. Kembesnas Sako SPN 2022 digelar selama tiga hari, sejak Rabu (14/9), dan diikuti oleh 800-an Pramuka Penggalang dan pendamping yang berasal dari 16 Provinsi.

Dengan mengusung tema “Membangun Generasi Penerus yang Mandiri, Terampil, dan Religius”, kegiatan ini digelar sebagai ajang evaluasi penyelenggaraan Pramuka di seluruh Indonesia, dalam menyiapkan keterampilan siswa didik untuk belajar hidup bermasyarakat. (Fitri/Lines)

Kembesnas Sako SPN 2022, Upaya LDII Bentuk Karakter Profesional Religius
Kembesnas Sako SPN 2022, Upaya LDII Bentuk Karakter Profesional Religius

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat