Youthspace Gedebage, Rumah Kedua bagi Para Pemuda Kota Bandung

LINESTV.ID, Bandung – Pengguntingan pita dan penandatangan prasasti oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menjadi tanda diresmikannya Youthspace di Kelurahan Rancanumpang, Gedebage pada Selasa, 1 Maret 2022.

“Ini menjadi youthspace ke-10 yang sudah Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmikan. Mudah-mudahan tempat ini bisa menjadi tempat para pemuda Gedebage mengaktulisasikan dirinya,” ujar Yana.

Yana berharap, dengan energi luar biasa yang dimiliki para pemuda bisa melahirkan ide dan gagasan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi pascapandemi.

“Pascacovid-19 mari kita bisa bersama-sama melakukan percepatan pemulihan ekonomi. Saya titip, gunakan tempat ini dengan baik dan tolong dipelihara. Sehingga tempat ini bisa bermanfaat tidak hanya untuk pemuda, tapi juga masyarakat di Kecamatan Gedebage,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Eddy Marwoto menyampaikan, pemuda Kota Bandung memiliki jiwa kreativitas, inovatif, mandiri, dan tangguh untuk menghadapi tantangan era globalisasi.

“Sekarang sudah bukan lagi era industri 4.0, tapi sudah masuk ke society 5.0 Maka, untuk para pemuda manfaatkan youthspace ini dengan kegiatan positif, bantu majukan Kota Bandung,” harap Eddy.

Youthspace merupakan salah satu janji politik yang diusung almarhum wali Kota Bandung, Oded M. Danial beserta Yana. Sampai saat ini, Eddy menambahkan, sudah ada 11 youthspace yang dibangun.

“Rencananya tahun 2022 kita akan bangun 11 youthspace lagi. Lalu, di tahun 2023, kita akan selesaikan sisanya, yaitu pembangunan 8 youthspace,” paparnya.

Terpilihnya Rancanumpang menjadi titik youthspace ke-10 bukan tanpa alasan. Kepala Camat Gedebage, Jaenudin mengatakan, pembangunan youthspace ini merupakan bentuk wujud apresiasi dan penghargaan kepada Rancanumpang sebagai wilayah pertama di Kota Bandung yang meraih Open Defecation Free (ODF).

“Selain itu, karang taruna kami juga berhasil membuat inovasi pengolahan mesin sampah menjadi pupuk. Bahkan mesinnya sudah diproduksi juga untuk kota-kota lain,” ucap Jaenudin.

Jaenudin juga menambahkan, dari jumlah penduduk Gedebage sebanyak 40.000 jiwa, 46 persennya merupakan usia pemuda.

“Ini menjadi bonus demografi untuk wilayah kami ya. Potensi pemudanya sangat besar. Semoga para pemuda ini bisa memanfaatkan youthspace dengan baik,” imbuhnya.

Salah satu putra asli Rancanumpang yang saat ini menjabat sebagai anggota Komisi A di DPRD Kota Bandung, Asep Sudrajat sangat mengapresiasi kehadiran youthspace ini daerahnya.

Ia berharap, youthspace ini bisa menjadi cikal bakal inovasi para pemuda Kota Bandung, khususnya di Gedebage.

“Semoga ruangan ini tidak hanya menjadi sebuah ikon, tapi bisa mendorong kemajuan para pemuda di Rancanumpang,” kata Asep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat