Tangkal Berita Hoax LDII Gelar Pelatihan Jurnalistik

LINESTV.ID, Cimahi- DPD (Dewan Pimpinan Daerah) LDII Kota Cimahi bersama DPD LDII Kabupaten Bandung Barat menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Televisi dengan tema Jurnalis,Handal,Cepat, Akurat, dan Profesional pada Sabtu- Minggu (26-27/02/2022) bertempat di GSG Al – Munawaroh, Melong Asih . Kegiatan ini diikuti oleh 10 peserta secara luring, juga diikuti oleh peserta secara daring.

Cepatnya perkembangan media massa di dunia, menjadi alasan mudahnya mendapatkan berita informasi. Hal ini menyadarkan DPD LDII Kota Cimahi untuk ikut terjun mengadakan pelatihan jurnalistik, sebagai wadah media massa untuk mengkomunikasikan karya dan kontribusinya kepada masyarakat dan pemerintah.

“Pelatihan tahap 1 yang diambil 10 orang ini agar bisa terbina dan mandiri juga ikut berkontribusi. Perkembangan teknologi yang pesat ini agar lebih efektif melalui media, utuk itu kita butuhkan untuk siar agama yang sudah harus menyesuaikan zaman, dan diharapkan rekna – rekan disini, juga dapat membuat konten – konten dakwah yang bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak dan juga bisa memberikan informasi yang berimbang agar dapat diterima sebagai berita faktual dan valid,” sambut ketua DPD LDII Kota Cimahi, Dwi Hartono.

Disamping itu, Dewan Penasehat DPD LDII Kota Cimahi Amir Yazid mengemukakan bahwa, kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan, mengembangkan dan memperjuangkan media informasi agar dapat mempublikasikan karya dan kontribusi LDII sebagai wahana syiar agama secara bill hal sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Memiliki etika senyum sapa dan salam, juga memberikan informasi dengan citra yang baikkepada masyarakat luas, baik secara bilhal kita ucapan ataupun secara tulisan melalui media massa, membawa nama LDII dengan baik juga menerapkan resep kerukunan, ridho dan senang dalam menjalani kegiatan ini kedepannya,” ujar Amir Yazid.

Melalui pembekalan materi, teori dan praktek, peserta dibimbing langsung oleh pemateri yang professional dibidangnya, diantaranya Pemimpin Redaksi Lines Tv, Soleh yang mengisi materi pra produksi dan teknik wawancara, fotografer professional Dinas Pendidikan Jabar, Fauzan Tema yang memberikan materi foto jurnalistik. Tak hanya itu, materi teknik pengambilan video yang diberikan oleh Editor Lines Tv, Fadli, serta teknik menulis script dan voice over oleh pimpinan redaksi website LDII Jabar, Fitri. Selain itu, materi editing vidio oleh produser hard news Lines Tv, Azka .

Disamping itu, di tempat yang berbeda Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota CImahi Yusuf Handriyana memberikan apresiasinya melalui media online.
“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan wawasan, memberikan ilmu, untuk pemuda LDII pada umumnya agar dapat meminimalisir berita – berita hoax dan berita yang tidak tepat yang dapat menyebabkan keresahan di masyarakat. Untuk itu saya memberikan apresiaasi kepada pemuda – pemudi LDII Kota Cimahi, agar kegiatan ini dapat dilaksanakan terus – menerus,”. Ujar Yusuf Handriyana.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Fauzan Tema berharapan agar pemuda – pemudi khususnya generasi muda LDII Kota Cimahi, mengerti akan visual, karna menurutnya komunikasi visual melalui foto sudah menjadi komunikasi yang sangat penting.

Dengan adanya kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini, diharapkan dapat melahirkan personil Lines Tv Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat yang professional sehingga dapat menghasilkan berita yang masif, objektif, dan komunikatif. (indah/LINES).

One thought on “Tangkal Berita Hoax LDII Gelar Pelatihan Jurnalistik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat