Teori Piramida Terbalik dalam Penulisan Berita

LDIIGARUT.OR.ID, Garut –Bagian KIM DPD LDII Kabupaten Garut bersama seluruh bagian KIM DPD LDII se-Jawa Barat pada Sabtu (05/02/2022) mengadakan kegiatan bincang santai dengan Biro KIM DPW LDII Jawa Barat. Acara yang digelar secara daring tersebut dalam rangka peguatan terhadap system pelaporan kerja DPD LDII se-Jawa Barat melalui aplikasi yang terintegrasi dari sisi jurnalis tulis maupun foto.

Dalam kesempatan tersebut, Fauzan Abdul Syukur (Ojan Tema) sebagai fotografer profesional mengatakan bahwa sebuah foto harus bisa menyampaikan semua isi berita yang dimaksud oleh jurnalisnya. “Foto harus mampu menyampaikan berita yang dimaksud jurnalis nya agar pengertiannya tidak menyadi liar” ucap Ojan dengan tegas.

Sedangkan untuk penguatan dari sisi teknik penulisan berita, Abdul Soleh yang selaku pembicara sekaligus sebagai Pimpinan Redaksi LINES TV Jawa Barat memberikan trik dalam penulisan berita secara umum. “Penulisan berita sebaiknya berupa piramida terbalik, pada awal tulisan dijelaskan secara global dan menuju akhir semakin mengerucut pada detail beritanya”, begitu katanya

Dengan diadakan pelatihan ini, diharapkan para pembuat berita dapat membuat berita tulis dengan lengkap, komperhensif, dan mudah difahami sesuai kaidah jurnalistik sehingga kegiatan yang telah diliput dapat tersampaikan dengan baik. (Mukhlis Bhd/Lines Garut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat