3 Desember, Simak Sejarah Hari Disablitas Internasional.

Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hari Disablitas Internasional diperingati untuk mendukung para penyandang disabilitas untuk adanya dukungan, perhatian, perlindungan, pemenuhan hak-hak penyandung disabilitas dan kesetaraan agar penyandang disabilitas bisa mengambil tindakan dalam aspek masyarakat dan pembangunan.

Dilansir dalam situs ternama, Hari Disabilitas Internasional disebut juga sebagai International Day of People with Disability (IDPWD).
Hari Disabilitas Internasional dikoordinasikan oleh United Nations Enable yang berfungsi untuk mendukung dan mempromosikan hak-hak dan martabat para penyandang disabilitas.

SEJARAH HARI DISABILITAS INTERNASIONAL
Peringatan Hari Disabilitas Internasional berawal dari sejarah kelam para penyandang disabilitas. Dahulu pada tahun 1970 –an mereka tidak mendapatkan pengakuan secara nasional maupun internasional, akhirnya Pemerintah Inggris mengesahkan UU orang sakit kronis serta penyandang disabilitas.

Undang-undang tersebut membuat pengakuan kepada para penyandang disabilitas hak terhadap penyediaan bantuan kesejahteraan, serta hak fasilitas pendidikan dan rekreasi, pada tahun 1983 hingga 1992, tersenggaralah The United Nations Decade of Disabled Person.

Pada 14 oktober 1992, Majelis Umum PBB menyatakan bahwa tanggal 3 Desember sebagai Hari Disabilitas Internasional (International Day of Disabled Persons). 3 Desember 1992 merupakan hari pertama kalinya diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional.
Pada 18 Desember 2007, majelis mengubah nama Internasional Day Of Disabled Persons menjadi Day of Persons with Disabilities. Nama Internasional Day of Disabled Persons with disabilities secara resmi digunakan pada tahun 2008.

Setiap tahunnya, PBB mengusung tema yang berbada dalam perayaan Hari Disabilitas Internasional, yang bertujuan untuk berfokus tentang bagaimana agar masayarakat bisa berjuang inklusivitas dan tidak ada hambatan fisik terhadap penyandang disabilitas. Adapun tema yang diangkat pada Hari Disablitas Internasional 2021 adalah “Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel, dan Berkelanjutan Pasca Covid-19”.

(Lisna Azka/ LINES TV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat