DPW LDII Jalin Silaturahmi ke PWNU Jabar untuk wujudkan Jabar Juara Lahir Batin

Bandung (23/9/2021). Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) Provinsi Jawa Barat menjalin silaturahmi untuk menyukseskan program Jabar Juara Lahir Batin dengan Pengurus Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Barat, di kantor PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung, Bandung, Kamis 23 September 2021.

Kedatangan para pengurus DPW LDII Prov. Jabar itu disambut langsung oleh Ketua dan Sekretaris PWNU Jabar yakni Hasan Nuri Hidayatullah dan Asep Saefudin Abdillah. Pada kesempatan itu, Ketua DPW LDII Prov. Jabar, Dicky Harun berterima kasih kepada PWNU yang telah memberikan kesempatan menjalin silaturahmi, sehingga diharapkan terbangun kerja sama yang baik ke depannya.

“Kami bagian dari kelembagaan di Jawa Barat ingin membangun sebuah persamaan persepsi dalam rangka membangun umat. Karena kompleksitas persoalan sosial masyarakat ini semakin meningkat dan perlu ada solusi sehingga kami bisa memberikan pengabdian yang selalu meningkat dan bisa dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat maupun lingkungan,” ujar Dicky.

Dicky menambahkan, untuk mengatasi persoalan-persoalan sosial yang kini semakin rumit, tentu diperlukan persamaan persepsi dan gerakan bersama sehingga menghadirkan solusi yang baik untuk mengatasinya.

“Persoalan yang ada tentunya tidak bisa diselesaikan secara sendiri-sendiri, tetapi harus ada kebersamaan. Nah inilah yang kita bangun sehingga pada silaturahmi hari ini diharapkan bisa terbangun kesamaan pikiran untuk kesamaan gerak antara LDII Jabar dan PWNU Jabar. Inilah yang kami harapkan,” ucapnya.

Lebih lanjut Dicky menjelaskan, LDII Jabar  terus membuka diri untuk membangun komunikasi yang baik dengan semua pihak termasuk dengan kalangan Nahdhiyin.

“Dengan terbukanya komunikasi ini juga bisa memperkuat jalinan silaturahmi dan bisa mewujudkan ukhuwah Islamiah diantara kita semua. Selain itu, kesamaan persepsi dan misi dalam membangun umat diharapkan memberikan kontribusi untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PWNU Jabar, Hasan Nuri Hidayatullah menyambut baik kunjungan silaturahmi dari LDII. Menurutnya, membangun ukhuwah bukan hanya di kalangan internal saja namun juga ukhuwah watoniah dan ukhuwah basariah dalam rangka menciptakan ukhuwah Islamiyah khususnya di lingkungan Jabar, yang merupakan bagian sinergitas untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin.

“Kami diajari untuk memelihara dan menjalin ukhuwah, yakni ukhuwah Islamiyah dengan sesama muslim, ukhuwah basariyah sehingga tidak ada alas an untuk berpecah belah, ukhuwah watoniah untuk bersama-sama menjaga bangsa, dan ukhuwah nahdiyah sebagai ukhuwah internal,” paparnya.

Hasan menambahkan, perbedaan yang ada diantara sesama ormas Islam bukan menjadi penghambat untuk menyatukan gerak dan persepsi. Justru harus mencari persamaan yang bisa dikolaborasikan untuk memberikan sumbangan kepada bangsa.

“Perbedaan itu merupakan Sunnatullah yang tidak bisa dihindari. Bahkan perbedaan itu bisa membuat banyak kenyamanan. Dengan silaturahmi dari LDII ini saya sangat gembira. Selanjutnya, di tingkat grassroot harus kita tafahumkan, sehingga Jabar bisa menjadi prototype nasional, sebagai potret kemajemukan yang luar biasa,” urainya.

Lebih lanjut Hasan menjelaskan, sebagai ormas Islam, maka NU dan LDII harus bisa memberikan kemanfaatan sosial kepada umat yakni mementingkan kepentingan sosial daripada kepentingan pribadi dan organisasi. Selain itu juga harus bisa memberikan kebaikan kepada umat, sehingga umat terbantu.

“Organisasi juga harus bisa menyatukan manusia. Kalau ada organisasi yang inginnya memecah belah, nilai khoir-nya dimana? Kalau belum bisa islah (menyatukan-red), maka akhirnya hanya akan menyakiti diri sendiri,” urainya. (fadel)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat