Aksi Bersih-bersih Sungai Ciliwung Pramuka SPN Kota Depok

Depok (13/9). Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekawan Persada Nusantara (SPN) Kota Depok bersama DPD LDII Kota Depok dan kader Gemilang (Generasi Muda Indonesia Bela Lingkungan) menggelar aksi membersihkan sungai Ciliwung dan menanam pohon di bantaran sungai Ciliwung, Sabtu (11/9) kemarin.

Sako Sekawan Persada Nusantara (SPN) Kota Depok merupakan binaan dari DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Depok dan program aksi bersih sungai ini merupakan program bagi generasi muda LDII untuk membantu mengatasi masalah lingkungan hidup. Kegiatan yang bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Ciliwung itu berhasil memungut puluhan karung sampah anorganik yang kemudian dikumpulkan di pinggiran sungai Ciliwung untuk diserahkan kepada unit pengolahan sampah terdekat.

Koordinator Andalan Cabang Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Depok, Diki Wahyu menjelaskan, aksi ini dilakukan untuk mengajak sekaligus mengampanyekan agar masyarakat peduli terhadap sungai karena pencemaran yang terjadi akibat kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya termasuk sampah plastik yang menjadi momok bagi bumi.

“Ini tentu menjadi masalah serius bagi kita semua karena dampaknya dapat menyebabkan banjir dan masalah lingkungan hidup lainnya,” ucap Diki.

Diki mengatakan lebih lanjut, selain berusaha mengajak masyarakat untuk peduli sungai dan lingkungan sekitarnya, kegiatan ini juga mengajarkan kepada anggota Gerakan Pramuka untuk selalu peduli pada lingkungan hidup.

Aksi bersih sungai Ciliwung yang dimulai dari jembatan Panus sampai dengan jembatan Jl. Juanda itu berhasil mengumpulkan puluhan karung sampah anorganik yang ada di bantaran sungai. “Jaga, pelihara dan lindungi lingkungan kita secara berkelanjutan agar tetap lestari,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat